Benarkah Durasi Siang「Baccarat Winning Formula Collector's Edition」 dan Malam Sama

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bandar judi utama eropa

DikarBaccarat Winning Formula Collector's EditionEnakan Baccarat Winning Formula Collector's Editionpembiasan atmosferBaccarat Winning Formula Collector's Edition, ufuk atau cakrawala tampak akan lebih rendah dibandingkan dengan ufuk atau cakrawala sejati, sehingga waktu terbit Matahari akan lebih cepat dibandingkan jika tanpa pembiasan atmosfer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ekuinoks adalah fenomena astronomis ketika lintasan semu harian Matahari berimpit dengan garis khatulistiwa.

Andi menegaskan, sebenarnya pernyataan durasi siang dan malam sama-sama 12 jam saat terjadi Ekuinoks September tidaklah tepat.

Dari kondisi inilah, muncul miskonsepsi mengenai ekuinoks, yakni durasi siang dan malam yang sama panjang yakni 12 jam.

Durasi siang adalah selang waktu yang dihitung sejak terbit Matahari hingga terbenam Matahari. Sedangkan, durasi malam adalah selang waktu yang dihitung sejak terbenam Matahari hingga terbit Matahari.

Peneliti di Pusat Riset Sains Antariksa LAPAN BRIN, Andi Pangerang mengatakan, dari kondisi inilah, muncul miskonsepsi mengenai ekuinoks, yakni durasi siang dan malam yang sama panjang yakni 12 jam.

KOMPAS.com - Hari ini, Kamis (23/9/2021), ada fenomena Ekuinoks September yang terjadi di Indonesia. Saat fenomena ini terjadi kerap kali dikaitkan dengan panjangnya durasi waktu siang dan malam yang sama-sama 12 jam.

Tetapi, apakah ketika ekuinoks, durasi siang dan malam benar-benar sama panjang, dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan Ekuinoks September?

Baca juga: 3 Fakta Menarik Fenomena Ekuinoks Maret Hari Ini di Indonesia

Hal ini menyebabkan Bumi akan tegak, tidak ada belahan Bumi tertentu yang condong ke Matahari, sehingga garis batas siang-malam (terminator) berimpit dengan garis bujur atau meridian geografis Bumi.

Sementara, waktu terbenam Matahari akan lebih lambat dibandingkan jika tanpa pembiasan atmosfer.

Ada beberapa faktor penyebab mengapa saat fenomena ekuinoks terjadi perbedaan durasi siang dan malam. 

Untuk daerah khatulistiwa, saat fenomena ekuinoks terjadi, selisih waktu terbit atau terbenam antara dengan dan tanpa pembiasan atmosfer sebesar 2 menit. Hal ini karena faktor pembiasan atmosfer saat di ufuk sebesar 34 menit busur.

Sebelum menjawab mengenai benar atau tidaknya isu durasi siang dan malam sama-sama 12 jam saat terjadi Ekuinoks September, Andi menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan durasi siang dan malam tersebut.

Baca juga: Fenomena Langit Pekan Ini, Apoge Mars hingga Ekuinoks September