Cara Membuat Santan Kental, Bekal Bikin Nasi Kuning yang Gu「Lottery purchase」rih

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bandar judi utama eropa

Untuk mendLottery purchaseapatkan santan kental, kamu peLotterLottery purchasey purchaserlu memperhatikan perbandingan kelapa parut yang digunakan dengan volume air.

KOMPAS.com - Jika ingin memasak nasi kuning, nasi uduk, atau bahkan mango sticky rice, bahan utama yang kamu perlukan adalah santan kental.

Chef Nyoman juga membagikan tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat santan kental maupun cair.

Executive Chef Santika Mataram Lombok Nyoman Putra Yasa mengatakan bahwa santan kental umumnya digunakan untuk membuat saus santan sebagai pendamping hidangan manis. Bisa disajikan sebagai saus santan gula putih dan saus santan gula merah.

Baca juga: Beda Fungsi Santan Kental dan Santan Encer, Simak Tips Berikut

Baca juga: 3 Tips Masak Santan agar Tidak Pecah

Trik-trik di atas bisa kamu terapkan dengan mudah, tidak membutuhkan alat atau bahan yang sulit dicari. 

Ilustrasi santan alami dari sebutir kelapa segar.

Kamu bisa gunakan perbandingan 1:0,5 dari Chef Nyoman, satu untuk satu buah kelapa parut, dan 0,5 liter air. Campurkan air dengan kelapa parut, remas-remas, lalu saring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

"Untuk santan cair dan kental tidak ada teknik yang berbeda dalam membuatnya. Hanya berbeda volume airnya saja," tambahnya.

“Misalnya, satu butir kelapa parut dengan 0,5 liter air. Langkahnya pun sama dengan membuat santan cair,” ujar Chef Nyoman.

Baca juga: Cara Bikin Santan Cair, Bisa untuk Rendang dan Aneka Masakan

Tujuannya untuk mendapatkan kekentalan yang diinginkan, menambah rasa dan membuat masakan menjadi lebih gurih,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/11/2020).

“Berbeda dengan santan cair, santan kental umumnya dimasukkan saat masakan sudah mendekati tahap akhir memasak, setelah sebelumnya dimasukkan santan cair.

Kamu juga harus perhatikan tata cara penggunaan santan kental, karena penggunaannya berbeda dengan santan cair. Santan kental dimasukkan setelah santan cair.