Benarkah Badai Matahari Ekstrem Bisa Sebabkan Kiamat Internet「betvicor」? Halaman 3

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bandar judi utama eropa

Habetvbetvicoricorl ini juga dijelabetvicorskan dalam penelitan yang dilakukan Jyothi di atas.

Sehingga, jika terjadi badai geomagnetik yang dahsyat, maka negara-negara dengan garis lintang tinggi itulah yang kemungkinan besar akan terdampak dan terputus dari jaringan internet terlebih dahulu.

Baca juga: Mengapa Cahaya Matahari yang Terang Membuat Kita Bersin?

Namun, negara dengan garis lintang tinggi yakni negara yang letak astronomisnya berada pada 66,5° - 90° LS/LU dekat dengan wilayah kutub, seperti Amerika Serikat dan Inggris lebih rentan, dibandingkan negara-negara di garis lintang yang lebih rendah.

Kejadian ini sebenarnya juga sempat terjadi pada Maret 1989.

Di mana, badai Matahari kuat yang terjadi nyaris seperempat fotosfera yang menghadap ke Bumi ditutupi oleh bintik Matahari raksasa.  

Ketika kabel internet bawah laut terdampak gangguan geomagnetik dari badai matahari ekstrem, sulit diprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya

"Sehingga sistem pendukungnya juga akan terganggu berat. Kombinasi hal-hal tersebut yang menjadi kiamat internet," jelasnya.

Sementara itu, berlanjut pada hasil penelitian Jyothi, bila badai matahari ekstrem selanjutnya benar-benar menciptakan kiamat internet, maka koneksi internet di seluruh benua bisa saling terputus satu dengan yang lainnya.

Sumber : Galuh Putri Riyanto (Kompas.com)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Kenapa Bentuk Gerhana Matahari Cincin Berbeda? Ini Jawabannya

Jaringan listrik Ontario Hydro terputus akibat sejumlah trafonya meledak, sehingga memaksa penduduk Quebec tidak memiliki aliran listrik sama sekali selama 9 jam kemudian. 

Dampak badai Matahari yang dilepaskannya menyebabkan gangguan listrik massif di Amerika Serikat bagian utara dan Canada.